Komunitas GUNA official website | Members area : Register | Sign in
Selamat Datang Di komunitas GUNA aiaketek. Sebuah komunitas bagi mereka yang ingin menjadi penulis andal.Semoga weblog ini bermanfaaat bagi pembaca sekalian.

Sistem Perekonomian Dan Ada di Minangkabau

Rabu, 18 Mei 2011

Share this history on :

Minggu 08 MMei 2011 jam 03:00  di ruangan kecil yang istimewa
Sistem Perekonomian Dan Ada di Minangkabau
Oleh : Ramadhonal Arief


Disebuah kamar yangkecil yang kujadikan tempat bersenda gurau,bermain,dan belajar.Ku terbangun dari tidur yanga nyenyak dengan hembusan angin yang menusuk-menusuk tubuhku yang tak berdaya ini.
Ku basuh mukaku dengan sejuknya air pagi.DDengan hembusan angin yang sepoi-sepoi.Setelah itu ku kembali kekamarku dan melihat lagi selembar kertas yang diberkana Ust.Arbi kepadaku tadi malam.
Ku ambil kertas itu dan kubaca tapi pertama kali baca artikel tu ku tidak mengerti maksud isi artikel itu.Tapi ku tdak putus asa ku berusaha untuk mencarri apa maksud lembaran ini.
Usaha ku itu tidak sia-sia.Ku temukan bahwa isi arrtikel iitu sistem ekonomi di Minaggkaba terutama dan adat.Ku merasakan memang benar bahwa system ekonomi dan adat di Minangkabau tidak sesuai dengan syariah.Kita mengetahui bahwa daerah Minangkabau merupakan daerah slam tapi orang-orang Minangkabau tidak mau melaksanakan amalan syarah.Dahulu memang adat basandi syara’,syara’ basandi kitabullah dipakai tapi sekarang itu tinggal nama.Baik itu tentang agama maupun tentang ekonomi dll.
Dengan begitu jelas bahwa sisteim perekonomian di Minagkabau mengikuti jejak negeri pamansam,hanya menguntungkan diri sendiri.



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kesediaan anda untuk mengunjungi Komunitas GUNA aiaketek. Sebuah komunitas bagi mereka yang ingin menjadi penulis andal.semoga weblog ini bermanfaaat bagi pembaca sekalin.Jangan lupa berkunjung lagi di lain waktu. Syukran.