Komunitas GUNA official website | Members area : Register | Sign in
Selamat Datang Di komunitas GUNA aiaketek. Sebuah komunitas bagi mereka yang ingin menjadi penulis andal.Semoga weblog ini bermanfaaat bagi pembaca sekalian.

Pinjaman,Harus Dikembalikan

Rabu, 18 Mei 2011

Share this history on :

Pinjaman,Harus Dikembalikan*
Oleh : Arbi
Perasaan tak layak,tak pantas,dan juga terlalu beratnya bagiku untuk memberi peringatan pada orang lain.Sementara aku sendiri belum mampu apalagi belum sering mengingatkan diriku sendiri.Tapi,status diri sebagai bagian dari Pesantren Sumatera Thawalib Parabek-Bukittinggi,bagi masyarakat setempat telah lebih awal menganggap bahwa setiap guru Parabek bisa memberi tausiah.Anggapan yang keliru itu jauh tidak lebih penting dari kebenaran yang ada dan yang dapat dibagikan.Maka dengan niatan untuk membagi ‘ingatan’ pada diri sendiri dan para penta’ziah yang hadir, aku coba untuk mengalirkan sesuatu yang aku yakini dan aku anggap benar.  
Kuberanikan diri untuk mulai memuntahkan secara lisan apa yang ada dalam diriku.Aku kutip penggalan kalimat dalam surah Al-Baqarah ayat 156 yang bunyinya kurang lebih seperti ini : Qalu Inna lillahi Wa inna ilaihi raji’un yang artinya merekA berkata sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNYA lah kami kembali.
Karena kita akan kembali kepada Allah berarti apa yang ada pada setiap diri kita sifatnya hanyalah pinjaman.Sebagai sebuah ilustrasi kita contohkan,jika kita diberi pinjaman sesuatu oleh seseorang maka sikap dan tindakan kita yang terbaik sebagai peminjam adalah menjaga barang pinjaman tersebut sebaik mungkin dan tatkala mengembalikannya pada sang yang meminjamkan maka barang tersebut tidaklah ada cacat dan kurangnya.Dengan kata lain utuh,seperti ketika pertama dipinjamkan.
Saat awal Allah meminjamkan segala nikmat yang ada pada kita.apakah itu pancaindera mata,hidung,telinga,mulut,dan organ tubuh lainnya.Allah pinjamkan dalam kondisi fitrah dan bersih tanpa ada ‘kotoran-kotoran’ dan ‘noktah-noktah’ hitam kesesatan yang menempel.Maka satu hal yang pantas dan memang harus kita lakukan adalah menjaga semua itu untuk selalu bening-jernih sucinya.Tidak disusupi dengan noda-noda hitam yang sangat tidak diharapkan untuk ada.Tidak putus sayangNYA rabbi pada kita,sebab untuk memelihara kita dari kotoran itu Allah berikan petunjuk-petunjukNYA dalam buku dan kitab terbaik bagi manusia,AL-quran.Sebagai cara sayangNYA yang tak terhingga Allah lengkapi petunjuk dengan menghadirkan dan menghadiahkan seorang sosok ‘penjaga gawang’ kemuliaan kepada manusia.Beliaulah yang mendapat peringkat pertama dalam buku Michael Heart 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia.Muhammad rasul Allah.
Semua Pinjaman Harus Dikembalikan Dalam Keadaan Sediakala.Sudahkah kita menjaga semua yang telah dipinjamkan Allah?Selamat menjaga sebelum dikembalikan.
*Maaf,muntahantulis ini baru bisa aku pindah tempatkan dari ruang pikir ke laptop pada pagi hari Minggu 8 Mei 2011.Bahannya adalah muntahanlisanku ketika diminta memberi tausiah oleh ahli bait di sebuah rumah duka di Kubu-Nagari Ladang Laweh-Agam pada Jum’at malam 6 Mei 2011.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kesediaan anda untuk mengunjungi Komunitas GUNA aiaketek. Sebuah komunitas bagi mereka yang ingin menjadi penulis andal.semoga weblog ini bermanfaaat bagi pembaca sekalin.Jangan lupa berkunjung lagi di lain waktu. Syukran.