Komunitas GUNA official website | Members area : Register | Sign in
Selamat Datang Di komunitas GUNA aiaketek. Sebuah komunitas bagi mereka yang ingin menjadi penulis andal.Semoga weblog ini bermanfaaat bagi pembaca sekalian.

MENGUNGKAP ARTI JIHAD SEBERNARNYA

Rabu, 18 Mei 2011

Share this history on :

Muntahan tulis hari pertama,4 Mei 2011
MENGUNGKAP ARTI JIHAD SEBERNARNYA
Oleh : Aria Purnanda



            Jihad secara bahasa artinya mati di jalan Allah/ berjuang di jalan Allah. Secara istilah, mengorbankan jiwa dan harta untuk berjuang dalam rangka menegakkan kalimat Allah. Serta dalam rangka membela. Allah SWT berfirman :

 
244. dan berperanglah kamu sekalian di jalan Allah, dan ketahuilah Sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.
245. siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), Maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (Q.S Albaqarah : 244-245)

            Saikh Abu Umar As-saif, beliau adlah seorang mufti mujahidin checnya di Rusia. Beliau tidak cukup hanya berkecimpung dalam jihad menggunakan lisan, pena dan senjatanya saja. Lebih dari itu, beliau juga berjihad dengan harta. In terbukti dengan adanya usaha beliau dalam mendirikan yayasan AL-HUDA yang berperanan sangat besar dalam menampung dan membiayai keluarga mujahidin, baik yang ditinggal mati syahid ataupun ditawan oleh pihak Rusia, atau juga rakyat yang sangat memerlukan bantuan. Bahkan, ketika ada salah seorang mujahidin yang tertawan pihak Rusia, beliau sendiri yang menebusnya dalam jumlah 10.000 U$ Dollar.
            Berjihad atau berjuang di Jalan Allah, bukan hanya mengangkatsenjata saja. Kita berjihad bias melalui lisan/pena kita.berdakwah di jalan Allah, mengajak umat untuk mendekatkan diri kepada Allah, membimbing umat kepada ajaran –ajaran Agama Islam. Agar umat islam memahami ajaran agama islam yang sebenarnya karena sangat banyak umat sekarang ini, sngat sedikit pemahaman mereka tentang ajaran agamanya sendiri.
            Seperti saudara-saudara kita yang tinggal di kota-kota kecil. Sebagaimana yang telah saya alami, selama 11 hari saya menginap di perkampungan kecil, untuk menjalankan tugas saya dari sekolah. Yang mana program saya disana yaitu mengabdi kepada masyarakat, contohnya, mengimarahkan mesjid, mengajar di SD dan MDA.
            Selama saya dan teman-teman menjalankan tugas tersebut, ada salah seorang ibu-ibu jama’ah mesjid di tempat kami berada. Beliau menceritakan keluhan beliau kepada kami, apa kata beliau “ nak, mesjid ini biasanya gak ada ustad yang menjadi imam, biasanya mesjid ini kosong dengan jemaah. Kadang kami shalat hanya di rumah saja, jarang shalat di mesjid, apalagi mendengarakn ceramah/wirid malam saja jarang.” Sya dan teman-teman yang lainnya sangat kaget dan sangat sedih. Apalagi ketika ibu itu mengatakan “sangat banyak anak-anak disini gak bias baca Al-Quran, apalagi shalat, pasti mereka gak pernah/jarang”
            Begitulah nasib saudara-saudara kita. Mereka orang islam, akan tetapi gak tau dengan makna islam itu sendiri. Jadi, ini adalah tugas kita yang telah mengetahui ajaran-ajaran agama islam, untuk memberikan pemahaman tentang islam kepada sudara-saudara kita yang belum mengetahui sedikitpun tentang ajaran islam itu sendiri.
            Janganlah kita takut untuk berdakwah di jalan Allah, karena Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang mau berjihad di jalan-Nya dan juga Allah akan menyediakan syurga-syurga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai. Setiapstiap kali mereka diberikan rezeki buah-buahan dan syurga, mereka berkata “ inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu.” Mereka telah di beri (buah-buahan)  yang serupa. Dan di sana mereka kekal di dalamnya. (Q.S Al Baqarah (2) :25)

Allah berfirman lagi :
13. Mengapakah kamu takut kepada mereka Padahal Allah-lah yang berhak untuk kamu takuti, jika kamu benar-benar orang yang beriman. (Q.S At taubah (9) :13)

Allah berfirman lagi :




Artinya :
            Sesungguhnya mereka hanyalah setan yang menakut-nakuti (kanu) dengan teman-teman setianya. Karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tatpi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang yang beriman.
            Jagi janganlah kita takut dan tidak percaya diri untuk menyebarkan dakwah melalui lisan atau pena kita. Karena itu adalah bisikan setan kepada kita, agar kita mau meningglakan dakwah tersebut . nabi SAW bersabda :





Artinya :
            Seburuk-buruk yang terdapat dalam diri seseorang adalah kekikiran yang membuat gelisah dan kepengecutan yang mencabut. (HR Abu Daud)

            Satu hal yang harus mesti kita pahami untuk melakukan itu semua yaitu amalan yang ikhlas untuk mengharap ridha Allah SWT.
            Umar bin Khattab RA berkata “ saya mendengar Rasulullah bersabda ;








Artinya :
“sesungguhnya amal perbuatan tergantung niat dan seseorang hanya memperoleh balsan berdasarkan apa yang dia niatkan, barang siapa hijrahnya (diniatkan) menuju Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu menuju Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia yang akan dia raih atau wanita yang akan ia nikahi, maka dia berhijrah kepada apa yang dia tuju.” (HR Bukhari dan Muslim)

Abu Umamah lalu berkata seoarang lelaki dating kepada Rasulullah lalu berkata” menurut engkau seseorang yang berperang karena mengharap imbalandan ketenaran apa yang dia akan dapatkan? Rasulullah SAW menjawab “ Laa Syaik a”, tidak mendapat apa-apa. Lelaki itu mengulang pertanyaannya terus menerus sampai beberapa kali “tidak mendapat apa-apa, setelah itu beliau bersabda :




Artinya :
            “ sesungguhnya Allah tidak menerima amal selain yang ikhlas dan dalam rangka mencari wajah-Nya (HR Abu Daud dan Nasa’i)


















Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas kesediaan anda untuk mengunjungi Komunitas GUNA aiaketek. Sebuah komunitas bagi mereka yang ingin menjadi penulis andal.semoga weblog ini bermanfaaat bagi pembaca sekalin.Jangan lupa berkunjung lagi di lain waktu. Syukran.